Wakili Bupati, Wabup Deddy Abdul Hamid Hadiri Perayaan Tulude di Modisi

 Wakili Bupati, Wabup Deddy Abdul Hamid Hadiri Perayaan Tulude di Modisi

Foto bersama Wabup, Ketua DPRD, Sekda dan sejumlah OPD diacara Tulude.

Bolaang Uki, Update24 – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Deddy Abdul Hamid menghadiri perayaan Tulude di Desa Modisi, Kecamatan Pinolosian Timur, Kamis (9/2/2023).

Diketahui, Tulude merupakan tradisi masyarakat Sangihe dan Talaud sebagai upacara pelepasan tahun dan bersiap menerima tahun yang baru, dengan harapan akan lebih baik.

Wabup sendiri turut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy SSTP MAP, Ketua DPRD Ir Ariffin Olii, staf ahli, jajaran Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Pemkab Bolsel, para sangadi, tokoh agama, tokoh masyarakat serta masyarakat setempat.

Wabup ketika menyampaikan sambutan.
Wabup ketika menyampaikan sambutan.

Wabup Deddy Abdul Hamid juga pada acara Tulude tersebut, ikut disuguhkan tarian masamper dan music bambu yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Sementara dalam sambutannya, Wabup Deddy menyebut bahwa Tulude adalah acara sakral, yang merupakan budaya masyarakat Sangihe dan Talaud.

“Perayaan adat sudah ada sejak abad 18. Tulude ini merupakan tulude adalah lambang persatuan,” kata Wabup.

Foto bersama dengan seluruh masyarakat di acara Tulude.
Foto bersama dengan seluruh masyarakat di acara Tulude.

Wabup juga ikut memberikan apresiasi kepada masyarakat sekitar yang sudah ikut mensukseskan perayaan Tulude ini.

“Atas nama Bupati (Datung Banua), pemerintah dan masyarakat Bolaang Mongondow Selatan, saya memberikan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Selamat merayakan Tulude, budaya ini harus terus dilestarikan, karena telah warisan para leluhur masyarakat Nusa Utara yang tiap tahun dilaksanakan,” tambah Wabup.

Tarian Masamper yang peragakan oleh masyarat Sangihe.
Tarian Masamper yang peragakan oleh masyarat Sangihe.

Pada kesempatan itu, Wabup juga menjelaskan, bahwa dirinya bersama Bupati H Iskandar Kamaru SPt, telah melanjutkan program Almarhum H Herson Mayulu SIP dengan telah menyedikan sarana air bersih dan fasilitas pendidikan. “Pembangunan di daerah kita terus mengalami peningkatan. Mulai dari zaman kepemimpinan Almarhum H Herson Mayulu SIP hingga menjadi Anggota DPR-RI lalu, Bolsel terus mendapat anggaran yang cukup signifikan, sehingga dari tahun ke tahun daerah ini terus berkembang dan mampu mensejajarkan diri dengan daerah lain,” kunci Wabup. (Hen)

Related post