BPN Canangkan GEMAPATAS Bersama Pemkab Bolsel

 BPN Canangkan GEMAPATAS Bersama Pemkab Bolsel

Sekda Bolsel ketika memasang tanda batas di Desa Tolondadu II Kecamatan Bolaang Uki.

Bolaang Uki, Update24 – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mencanangkan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gempatas) tahun 2023.
Kegiatan pencanangan berlangsung di Aula Kantor Desa Tolondadu II, Kecamatan Bolaang Uki dan dibuka Kepala BPN Bolsel Candra Husain SSiT, Jumat (3/2/2023).
Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy SSTP MAP, Kadis Perkim, camat, sangadi dan masyarakat setempat.

Kepala BPN Bolsel, Candra Husain pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya mengamankan dan mengantisipasi aset tanah milik warga, agar terhindar dari masalah penyerobotan atau sengketa.

“Dengan pemasangan tanda batas tanah, bakal memudahkan dan mempercepat petugas pertanahan untuk mengukur dan memetakan tanah milik masyarakat,” kata Candra.

Lanjut Candra, lewat kegiatan pencanangan ini, masyarakat diharapkan dapat memiliki kesadaran dan keinginan untuk memasang tanda batas di tanah yang dimiliki, guna meminimalisir masalah sengketa batas. Sebab, persoalan saling klaim batas tanah, sering menjadi polemik ditengah masyarakat.
“Untuk pemasangan batas tanah ini masyarakat bisa menggunakan besi, paralon maupun kayu. Lalu batas tersebut dicat sesuai keinginan. Dan lewat kegiatan ini kami sudah menyiapkan patok untuk pembuatan batas tanah,” ujarnya.

Ia berharap, saat masyarakat melakukan pemasangan batas atau patok, harus mendapat persetujuan dari tetangga yang tanahnya berbatasan langsung. “Hal itu untuk mencegah tiimbulnya masalah dikemudian hari,” terangnya.

Usai memberikan penyampaiannya, Kepala BNP Kabupaten Bolsel, didampingi Sekda, Kadis Perkim, Camat dan Sangadi melakukan pemasangan patok tanda batas tanah milik masyarakat setempat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023, yang digelar oleh Dinas Perkim Bolsel.
Sosialisasi inipun turut dihadiri para pemateri dari BPN, Pemkab, Polres dan Kejaksaan. (Hen)

Related post