137 Siswa Siswi SD dan SMP Ikut Ajang O2SN Tingkat Kabupaten Bolsel

 137 Siswa Siswi SD dan SMP Ikut Ajang O2SN Tingkat Kabupaten Bolsel

Salah satu peserta O2SN ketika sedang mengikuti lomba lari.

BOLSEL, Update24 – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kabupaten. Kegiatan ini diikuti 137 siswa siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dari jumlah tersebut, 80 peserta dari SD dan 57 peserta lainnya tingkat SMP, dengan mengikuti 5 cabang olahraga (Cabor).

Para panitia O2SN dan peserta lainnya berada dilokasi Cabor renang.
Para panitia O2SN dan peserta lainnya berada dilokasi Cabor renang.

Ke 5 cabor yang diperlombakan diantaranya, karate, silat, atletik, bulutangkis dan renang, dilaksanakan di sejumlah tempat di Bolsel. Sedangkan untuk Cabor renang, dilaksanakan di Kota Kotamobagu. Kegiatan inipun berlangsung selama 4 hari, dimulai 1 Agustus sampai 4 Agustus 2023.
Kepala Dikbud Bolsel, Rante Hattani SPd MSi pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan 02SN merupakan ajang bagi para siswa-siswi untuk memotivasi dan mengasah bakat serta kemampuan yang dimiliki oleh para peserta. Selain itu, melatih para siswa siswi untuk berani tampil dan berkompetisi baik dalam lomba kesenian maupun olahraga. “Kalah dan menang dalam setiap perlombaan itu adalah hal yang biasa. Yang terpenting semua peserta sudah berani tampil menunjukkan bakat dan kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa,” kata Kadis.

Lomba Cabor bulutangkis.
Lomba Cabor bulutangkis.

Rante menyatakan, momentum tersebut akan menjadi pengalaman berkompetisi bagi para siswa-siswi untuk mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dalam bidang seni dan olahraga, sesuai bakat masing-masing. Ini menjadi momen bagi para siswa mengembangkan bakat kesenian dan olahraga. Dalam kegiatan seperti ini siswa juga dapat membangun persahabatan dan karakter peserta didik, termasuk toleransi terhadap keberagaman.
“Selamat bagi para pemenang, dan untuk yang belum mendapat juara, jangan berkecil hati. Terus latih dan asah kemampuan dan bakat yang kalian miliki. Kepada para Kepala Sekolah dan guru-guru jangan bosan melatih dan membimbing para siswa,” tutup Hattani.

Foto bersama panitia dan peserta O2SN Cabor Renang.
Foto bersama panitia dan peserta O2SN Cabor Renang.

Sekedar diketahui, Pemkab Bolsel juga mengutus sejumlah siswa mengikuti O2SN di tingkat Provinsi. Dari 5 cabor yang diikuti, peserta didik asal Bolsel atas nama Muhammad Rosan Momongan berhasil meraih medali perunggu pada cabor silat Putera. (Hen/*)

Related post