Bupati Limi Dampingi Gubernur Olly Resmikan Pengisian Awal Waduk Bendungan di Pindol

 Bupati Limi Dampingi Gubernur Olly Resmikan Pengisian Awal Waduk Bendungan di Pindol

Gubernur Sulut didampingi Bupati Ir Limi Mokodompit MM menekan tombol sirene mengalirnya air di Waduk Bendungan Desa Pindol.

BOLMONG, Apdate24 – Jumat (18/8/2023), Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, meresmikan pengisian awal waduk bendungan di Desa Pindol Kecamatan Lolak. Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM sendiri, turut mendampingi Gubernur ketika meresmikan bendungan tersebut.

Peresmian diawali dengan pengisian awal bendungan, ditandai dengan bunyi sirine yang ditekan oleh Gubernur Sulut didampingi Bupati. Turut hadir  pada peresmian itu, Kepala Balai Sungai bersama jajaran, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, jajaran pejabat Pemprov Sulut, Forkopimda Bolmong serta pimpinan OPD daerah setempat.

Foto bersama usai peresmian bendungan Pindol Kecamatan Lolak.
Foto bersama usai peresmian bendungan Pindol Kecamatan Lolak.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, yang mendukung penuh pembangunan waduk Lolak. “Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah membangun proyek strategis nasional di daerah ini yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Menurut Olly, bendungan itu multi fungsi bagi warga. Selain dapat mengisi air irigasi kurang lebih 2.214 hektare lahan sawah, waduk itu juga pengendali banjir. “Juga penyediaan air baku 500 liter perdetik,” katanya.

Menurut Gubernur, beroperasinya waduk tersebut sangat pas di tengah cuaca panas menyengat. Bolmong, sebut dia, adalah wilayah panas di Sulut. “Kita bersyukur pada saat musim panas bendungan ini bisa kita resmikan dan bisa mengisi airnya. Ini menjadi berkat bagi kita terutama air bisa kita manfaatkan dengan baik,” kata Gubernur.

Gubernur Olly Dondokambey SE ketika menyampaikan sambutan jelang peresmian Bendungan Pindol.
Gubernur Olly Dondokambey SE ketika menyampaikan sambutan jelang peresmian Bendungan Pindol.

Sementara itu, Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM berharap, adanya dukungan masyarakat dan semua pihak terkait dengan beroperasinya bendungan Lolak. Sebeb, bendungan ini kata Bupati, menelan anggaran yang cukup besar. “Triliunan rupiah digelontorkan oleh pemerintah pusat lewat program pembangunan proyek strategis nasional diberikan Presiden RI Joko Widodo. Kita sangat beruntung, sebab sungguh banyak manfaat seperti mengairi irigasi persawahan masyarakat dan juga akan menjadi tempat wisata. Bahkan, ini akan menjadi icon baru di Lolak sebagai Ibu Kota Bolmong,” kata Bupati.

Lanjutnya, ada banyak daerah yang ingin mendapatkan program pembangunan untuk bendungan. Tapi kita sangat beruntung, karena berkat perjuangan dari Gubernur Sulut, sehingga Bolmong dapat proyek pembangunan bendungan Lolak. “Hari ini sudah mulai diisi air bendungan. Mari kita jaga dan dukung agar dapat mengairi pertanian masyarakatnya baik sawah, dan di bidang perikanan kedepannya,” kunci Bupati. (Han)

Related post