Disdik Bolsel Gelar Kegiatan Akselerasi Platform Merdeka Mengajar di BPMP Sulut

 Disdik Bolsel Gelar Kegiatan Akselerasi Platform Merdeka Mengajar di BPMP Sulut

 

BOLSEL, Update24 – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar kegiatan akselerasi platform merdeka mengajar, yang dilaksanakan di Auditorium Samratulangi BPMP Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (4/12/2023).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan pembentukkan komunitas belajar di satuan pendidikan Bolsel ini, dibuka oleh Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Rante Hattani SPd MSi dan Kapokja BPMP IKM Stevy Mononimbar SPd MPd serta pejabat fungsional BPMP Sulut. Hadir pula para pejabat eselon III serta IV maupun peserta, diantaranya kepala sekolah beserta guru tingkat SD dan SMP se Bolsel.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Bolsel Rante Hattani SPd MSi mengatakan, kegiatan akselerasi platform merdeka belajar, merupakan program dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudrestek) Republik Indonesia (RI). Platform ini sengaja dibuat sebagai bentuk edukasi bagi pendidik dalam mengajar di sekolah.

“Sehingga, lewat platform ini, para pendidik bertanggungjawab sepenuhnya mewujudkan pelajar pancasila yang memiliki fitur belajar mengajar dan berkarya. Sebab, platform ini sudah menyediakan referensi mengajar sesuai kurikulum merdeka dengan menggunakan fitur mengajar dan terdapat pula fitur perangkat ajar yang dapat digunakan oleh guru maupun tenaga pendidikan dalam mengembangkan diri,” kata Rante.

Lanjutnya, saat ini terdapat 2000 referensi perangkat ajar berbasis kurikulum merdeka. Tidak hanya itu kata Rante, pada platform ini juga terdapat fitur asesmen murid yang dikembangkan untuk membantu guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan analisis diagnostik, sehingga dapat dengan cepat menerapkan pembelajan yang sesuai tahap pencapaian dan perkembangan peserta didik. “Nah, Kabupaten Bolsel sendiri sangat mendukung program dari Kemendikbudristek tersebut, dalam peningkatan mutu pendidikan di daerah, lewat kurikulum merdeka belajar ini,” terang Rante lagi.

Selanjutnya, Rante juga berharap, agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar bisa diterapkan pula di lingkungan sekolah, terutama dalam belajar mengajar. “Saya berharap, kegiatan ini bisa menambah dan menyelesaikan progres persentase serta peningkatan kompetensi buat para kepala sekola dan guru,” tandasnya. (Hen/Adve)

Related post