Ini 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

 Ini 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga

Buah naga baik untuk kesehatan

Update24.News

Buah naga memiliki banyak manfaat besar untuk kesehatan manusia. Buah naga juga terdapat beberapa jenis varietas, diantaranya berwana merah dan buah naga bumi, dengan warna berbeda-beda, termasuk putih dan kuning.

 

Namun, kandungan nutrisi pada kedua jenis varietas buah naga ini tidak jauh berbeda. Selain harganya murah, buah naga ini juga mudah ditanam dipekarangan rumah.

 

Buah naga warna merah, memiliki ciri khas rasa yang relatif manis, dari pada varian putih dan atau kuning.

 

Berikut 8 manfaat buah naga untuk kesehatan:

 

  1. Bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, karena memiliki kandungan magnesium dan kalium.
  2. Menurunkan kolesterol, karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Cara kerjanya, buah naga bisa mengurangi penyerapan kolesterol di usus, sehingga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan vitamin B3. Kemudian biji hitam pada buah naga, juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk turunkan kolesterol.
  3. Mencegah stroke dan jantung koroner, karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Buah naga dapat mencegah terbentuknya plak atau sumbatan pada pembuluh darah, jika terjadi sumbatan, hingga terjadinya penyakit jantung dan stroke.
  4. Mencegah kanker, karena buah naga ini mengandung likopen. Hal ini membuat buah naga bisa mencegah kanker prostat, karena serat-seratnya yang terkandung didalamnya.
  5. Buah naga juga bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan. Buah naga sebagai prebiotik yang membantu menjaga keseimbangan flora normal saluran cerna. Flora normal ini memang sangat penting dalam menjaga kesehatan saluran cerna. Selain itu serat dalam buah naga sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

 

  1. Buah naga merupakan sumber vitamin C alami, terutama yang berukuran 100 gram. Buah ini mengandung 21 MG vitamin C atau sebanding dengan 30 persen kebutuhan orang dewasa.
  2. Buah ini juga bisa mencegah anemia, karena memiliki unsur penting dalam pembentukan sel darah merah, salah satunya adalah zat besi. Secara alami di dalam 100 gram buah, terkandung sekitar 1,9 MG zat besi atau setara 11 persen dari kebutuhan harian orang dewasa.
  3. Buah naga ini juga membantu mengatasi obesitas. Sebab, buah naga ini mengandung rendah kalori dan karbohidrat. Namun kandungan seratnya cukup tinggi dan itu bermanfaat untuk membuat perut kenyang lebih lama, sehingga buah naga ini bisa digunakan sebagai salah satu menu tambahan diet.

***

Related post