Launching CPP, Bupati Limi Serahkan Bantuan Cadangan Secara Simbolis untuk 19.353 Penerima Manfaat

 Launching CPP, Bupati Limi Serahkan Bantuan Cadangan Secara Simbolis untuk 19.353 Penerima Manfaat

Bupati menyerahkan bantuan kepada penerima manfaat.

BOLMONG, Update24 – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, menghadiri Launching Pendistribusian Bantuan Sosial Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). Bupati Limi juga ikut menyerahkan bantuan berupa beras kepada 19.353 penerima manfaat, didampingi Ketua TP PKK Bolmong Ny Irianti S Mokodompit Uswanas SSos.

Pada kesempatan itu, Bupati Limi mengatakan, penyerahan bantuan ini sesuai Undang-Undang ayat 18 tahun 2012 tentang pangan, salah satunya cadangan pangan Pemerintah Daerah. Langkah ini sebagai upaya mengantisipasi kekurangan atas ketersediaan pangan, gejolak harga pangan atau keadaan darurat bencana. Sehingga pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan.
“Terutama bagi masyarakat yang berpendapatan rendah, dengan tujuan agar masyarakat penerima manfaat memiliki akses pangan melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah,” kata Bupati Limi.

Bupati menyampaikan sambutan diacara lounching CPP kepada penerima manfaat di Desa Ibolian.
Bupati menyampaikan sambutan diacara lounching CPP kepada penerima manfaat di Desa Ibolian.

Bupati berharap, agar penerima manfaat ini benar-benar didata dengan baik, terutama masyarakat ini berhak menerima. “Karena sasaran daripada bantuan pemerintah yakni kepada mereka yang berhak menerima,” terang Limi.

Lanjut Bupati, tujuan penyaluran cadangan pangan pemerintah, kali ini tak lain untuk mengurangi beban masyarakat penerima manfaat. “Saat ini di beberapa negara lagi krisis pangan, tapi kita bersyukur Bolmong karena sampai hari ini pangan kita masih tersedia dan terjaga,” ucap Limi.

Hal ini kata Limi, dikarenakan ketersediaan Sumber Daya Alam terutama di Kabupaten Bolmong melimpah ruah. “Jadi kita nyaris tidak akan terjadi kelangkaan pangan, untuk itu mulai saat ini, mari kita manfaatkan lahan-lahan tidur kita untuk menanam, agar krisis ini jauh dari kehidupan kita,” harap Limi.

Para tamu dan undangan yang hadir pada acara launching CPP Bolmong.
Para tamu dan undangan yang hadir pada acara launching CPP Bolmong.

Pada kesempatan itu, Limi juga berpesan agar dinas terkait dalam hal ini Kadis Ketahanan Pangan dan Kadis Sosial, dapat memberikan perhatian penuh kepada pendamping serta mengawasi kualitas beras yang disalurkan oleh Bulog, sekaligus melaporkan sudah sejauh mana progres penyalurannya. “Contohnya seperti bantuan yang diserahkan hari ini, yakni beras medium tetapi kualitasnya premium, itu pesan saya, jadi tolong berikan beras yang benar-benar bagus,” ujar Limi.

Tak hanya itu, Kepada Sub Direktur Perum Bulog Bolmong, Limi berpesan, agar menyediakan cadangan beras berdasarkan petunjuk pelaksanaan.
“Jangan sampai terjadi kekurangan stok beras, karena sebagian besar penerima manfaat itu adalah muslim dan sudah tidak lama lagi akan menyambut Idul Fitri. Jadi saya mau minta kepada Bulog agar terus menjaga ketersediaan pangan ini sampai Idul Fitri, jangan sampai terjadi kelangkaan di pasaran dan jangan sampai ada lonjakan harga, ini pesan saya,” tegasnya

Bupati juga berpesan, kepada masyarakat penerima manfaat, untuk menggunakan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya, terlebih menjelang hari raya idul fitri yang banyak kebutuhan yang harus terpenuhi. “Laporkan jika bantuan yang diterima tidak sesuai mulai dari segi jumlah maupun kualitas, agar sesegera mungkin komunikasikan dengan pemerintah Kecamatan,” imbuh Limi.

Foto bersama Bupati dan seluruh masyarakat penerima manfaat.
Foto bersama Bupati dan seluruh masyarakat penerima manfaat.

Tak lupa juga Bupati mengapresiasi Kementrian Sosial dari Badan Pangan Nasional dan para pekerja sosial masyarakat, yang telah berkontribusi besar dalam melaksanakan berbagai tahapan penyaluran bantuan, mulai dari mulai dari pengumpulan dara hingga pendistribusian.(HAN)

Related post