Menteri AHY Pantau Kesiapan Lahan Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang Tagulandang di Bolsel 

 Menteri AHY Pantau Kesiapan Lahan Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang Tagulandang di Bolsel 

Didampingi Bupati-Wabup, Menteri AHY memantau langsung lahan persiapan relokasi di Desa Modisi.

BOLSEL, Update24 – Menteri ATR/BPN Republik Indonesia (RI), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengunjungi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Minggu (5/5/2024). Kunjungan Menteri AHY di Desa Modisi Kecamatan Pinolosian Timur tersebut, bertujuan untuk memantau langsung kesiapan lahan relokasi seluruh masyarakat yang menjadi korban erupsinya Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro.

Kedatangan AHY bersama rombongan, disambut langsung Bupati H Iskandar Kamaru SPt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid.

Bupati Iskandar pada kesempatan itu menyampaikan, jika Bolsel sangat siap menerima relokasi warga Sitaro yang menjadi korban erupsi Gunung Ruang. “Ini murni misi kemanusiaan pak Menteri. Tentu kami dengan senang hati menerima dan sebelumnya kami juga menerima instruksi dari bapak Gubernur Olly Dondokambey,” aku Iskandar.

Bupati juga menyebur, lokasi yang dipersiapkan untuk relokasi seluas 10 hektar di Desa Modisi. “Warga Tagulandang pun ini diterima disini, karena kebetulan warga Modisi adalah etnis dari Sitaro,” kata Iskandar.

Sementara itu, Menteri AHY mengatakan, Desa Modisi sangat layak untuk menjadi lokasi relokasi. “Total ada 301 kepala keluarga, setelah kami tinjau ini lokasi sangat layak,” ucap AHY.

Menteri AHY menyebut, pihaknya nanti akan segera melakukan proses ganti rugi untuk pemilik lahan hibah tanah sebesar 10 hektar, sesuai mekanisme. “Tentunya hasil tinjauan ini akan kami tindak lanjuti secepatnya, hingga ada penerbitan sertifikat,”kata AHY.

Disinggung soal lapangan kerja bagi warga terdampak erupsi, AHY menyebut, Bolsel memiliki potensi besar soal lapangan pekerjaan. “Seperti laut dan ada juga lahan pertanian sangat luas di wilayah ini,” tambah AHY, seraya mengaku senang, karena komunikasi terjalin baik dari Pemerintah Pusat hingga ke daerah. ‘’Terbukti Bupati langsung tanggap menerima dan menjadi lokasi tujuan relokasi untuk warga Sitaro,” jelas AHY. (Hen)

Related post