Ombudsman RI Ganjar Predikat Kualitas Tertinggi di Kepemimpinan Limi, Terkait Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023

 Ombudsman RI Ganjar Predikat Kualitas Tertinggi di Kepemimpinan Limi, Terkait Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023

Bupati menerima penghargaan dari Ombudsman RI perwakilan Sulut.

BOLMONG, Update24  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), mendapat predikat zona hijau dengan kualitas tertinggi dari Ombudsman Republik Indonesia (RI), terkait Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023.

Penghargaan diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, bertempat di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (24/4/2024).

Sekedar informasi, pada penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Tahun 2022 lalu, Pemkab Bolmong mendapatkan Predikat Zona Kuning dengan Opini Kualitas Sedang. Berdasarkan nilai, predikat dan opini yang diterima, tahun ini Pemkab Bolmong kembali ‘naik kelas’ dari tahun sebelumnya.

Hasil penilaian penyelenggaraan pelayanan publik tersebut merupakan nilai yang diperoleh dari sampel beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan UPTD Puskesmas. Pelaksanaan penyerahan hasil penilaian tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil penilaian penyelenggaraan pelayanan publik di 15 kabupaten dan kota se-Sulawesi Utara Tahun 2023.

Penilaian itu ditetapkan melalui Keputusan Ketua Ombudsman Republik Indonesia Nomor 418 Tahun 2023 Tentang Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023.

Usai menerima penghargaan, Pj Bupati Ir Limi Mokodompit MM menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Utara Prof DR (HC) Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw atas arahan dan bimbingan, sehingga Bolmong bisa meraih hasil tertinggi.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Utara, atas Penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Bolaang Mongondow. “Hasil pencapaian ini merupakan wujud komitmen Bupati sejak di lantik sebagai penjabat Bupati untuk mengimplementasikan Pemerintah yang melayani masyarakat,” kata Bupati.

Orang nomor satu di Bolmong ini juga mengatakan, capaian tersebut merupakan wujud kolaborasi, inovasi dan karya nyata seluruh elemen di daerah. Khususnya Perangkat Unit Kerja yang bergerak pada aspek pelayanan publik. “Selain itu, dukungan dan partisipasi masyarakat menjadi elemen terpenting kaitannya dengan penyelenggaraan pelayanan di Kabupaten Bolmong,” katanya.

Diketahui, Pemkab Bolmong memperoleh nilai 95,05 pada Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) tahun 2023. Dengan begitu, Bolmong diketagorikan pada posisi Zona Hijau dengan predikat Kategori A Kualitas Tertinggi. (Han)

Related post