Pendidikan Bolsel Makin Cemerlang, Sukses Sabet 7 Penghargaan di Malam Anugerah Mapalus Pendidikan 2023

 Pendidikan Bolsel Makin Cemerlang, Sukses Sabet 7 Penghargaan di Malam Anugerah Mapalus Pendidikan 2023

Bupati ketika menerima piala dan penghargaan dari Gubernur Sulut.

BOLSEL, Update24 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), berhasil menorehkan prestasi setelah meraih sedikitnya Tujuh penghargaan sekaligus. Tujuh penghargaan ini diterima Bupati H Iskandar Kamaru SPt MSi dan Kadis Dikbud Bolsel Rante Hattani SPd MSi, tepat pada malam penganugrahan Mapalus Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2023, yang digelar di Hotel Luwansa, Kota Manado, Rabu(22/11/2023).

Diketahui, acara ini diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikburistek), melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulut.

Bupati H Iskandar Kamaru SPt MSi foto bersama dengan Kadis Disdik Bolsel bersama jajarannya usai menerima penghargaan.
Bupati H Iskandar Kamaru SPt MSi foto bersama dengan Kadis Disdik Bolsel bersama jajarannya usai menerima penghargaan.

Hadir pada kegiatan tersebut, Gubernur Prof DR (Hc) Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, seluruh Kepala Daerah (Kada) se Sulut, penerima penghargaan.

Gubernur dalam sambutannya, memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh seluruh pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Pemprov Sulut terus berkolaborasi untuk meningkatkan mutu pendidikan, dan ini merupakan tanggung jawab bersama,” ucapnya.

Salah satu sorotan dari sambutan Gubernur, adalah tentang peluang kerja bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) asal Sulut di Jepang.

“Inilah bentuk konkret dari kerjasama yang membawa manfaat, tidak hanya bagi daerah setempat tetapi juga bagi generasi penerus,” tambah Gubernur.

Dikatakannya, Jepang saat ini sedang mengincar lulusan SMK Sulut, untuk magang dan bekerja di sana. Permintaan ini katanya, bahkan mencapai angka 10 ribu orang dan saat ini sudah 350 anak SMK tengah dibidik untuk bekerja di Negeri Sakura tersebut.

“Tugas kita adalah mempersiapkan generasi muda untuk mengisi kemerdekaan yang sudah kita dapat. Mari kita ciptakan lapangan pekerjaan untuk mereka,” ujar Gubernur Olly.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel menerima penghargaan dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan Bolsel.
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel menerima penghargaan dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan Bolsel.

Sementara itu, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulut, Febri HJ Dien  menegaskan, acara ini merupakan penghargaan bagi para pemangku pendidikan yang memberikan kontribusi nyata terhadap mutu pendidikan di Sulut.

“Ini menjadi tingkat awal bagi kita kalau kolaborasi dari pemerintah pusat dan daerah dilakukan dengan sepenuh hati dan dilakukan dengan baik,” tandasnya.

Bupati Bolsel H Iskandar Kamaru SPt MSi juga menyampaikan, apresiasi tinggi kepada Dinas Pendidikan Bolsel karena berhasil menyabet tujuh nominasi. “Ini bukti nyata bahwa Pemda berkontribusi nyata dalam mengembangkan sektor pendidikan di Bolsel,” kata pasangan Wakib Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid ini.

Senada dikatakan Kadis Dikbud Bolsel, Rante Hattani SPd MSi. Dia menambahkan, prestasi ini adalah bukti komitmen tinggi dalam mengembangkan sektor pendidikan di Bolsel.

“Penghargaan ini bukan sekadar puncak prestasi, melainkan menjadi pendorong untuk memberikan yang terbaik di masa depan,” pungkasnya.

Suasana penyerahaan penghargaan di Hitel Luansa Manado.
Suasana penyerahaan penghargaan di Hitel Luansa Manado.

Diketahui, Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Bolsel, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain, untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Semangat dan komitmen yang ditunjukkan oleh Bolsel patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi daerah lainnya, dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang unggul dan berkualitas.

Berikut adalah daftar prestasi yang diraih oleh Pemkab Bolsel dalam Anugerah Mapalus Pendidikan Sulut 2023:

  1. Terbaik 1 kategori kemitraan kemendikbudristek strategis dan pemerintah daerah bidang pendidikan.
  2. Terbaik 1 kategori 100% akses platform rapor pendidikan jenjang Pendidikan Dasar.
  3. Terbaik 1 kategori satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.
  4. Terbaik 1 kategori jumlah peserta survey lingkungan belajar.
  5. Terbaik 3 kategori aktivasi akun belajar ID.
  6. Nominasi indikator kinerja urusan pendidikan sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM).
  7. Pemenang Anugerah Mapalus Pendidikan Madya tahun 2023.

(Hen/*)

Related post