Gelar Audiens, Bupati Limi Minta Tenaga Ahli P3MD Kawal Realisasi Dandes

 Gelar Audiens, Bupati Limi Minta Tenaga Ahli P3MD Kawal Realisasi Dandes

Bupati Limi gelar audiens dengan Tenaga Ahli P3MD Bolmong.

LOLAK, Update24 – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, menggelar audiens dengan para Tenaga Ahli (TA) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Senin (6/2/2023).
Audiens berlangsung di Ruang Kerja Bupati dan dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Koordinator Kabupaten (Korkab) Abdul Rifai Mokodompit dan turut di dampingi TA Lucky Chandra Makalalag serta 4 tenaga ahli lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan, pendampingan menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan, untuk percepatan pencapaian kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. “Kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai melalui peningkatan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan dan kesadaran. Bisa juga dengan memanfaatkan sumber daya sesuai esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa,” kata Bupati.
Orang nomor satu di Bolmong ini juga mengatakan, program-program kementerian desa harus didukung bersama. Sehingga itu, perlunya kerjasama antara camat dan kepala desa/Sangadi, untuk dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam penyusunan APBDes. Terutama kata Bupati, terkait program ‘Marijo Bakobong’ atau dalam bahasa mongondownya ‘Inggai Mononggoba’ perlu didukung sepenuhnya, sesuai Permendes Nomor 8 Tahun 2022, tentang penggunaan dana desa 2023. “Dimana, dalam penyusunan APBDes, diharapkan lebih mengutamakan kebutuhan desa, termasuk program ketahanan pangan. Sehingga, bisa sinergi dengan program pemerintah daerah,” tambahnya.
Bupati juga menyampaikan, koordinasi dan sinergitas dengan pendamping desa, perlu dimaksimalkan lagi, agar program yang termuat dalam APBDes dapat terealisasi sesuai dengan tahapan. “Selain itu, perlu juga adanya komunikasi dan sinergitas antara desa dengan APH, dalam pengelolaan dana desa,” tambahnya.
Bupati juga berharap, dengan adanya pendampingan, perangkat dapat meningkatkan kapasitas, efektifitas dan akuntabilitas pemerintahan di desa. Sehingga, pembangunan desa bisa lebih meningkat dan bisa menimbulkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.
“Saya harap dengan adanya pendampingan ini, dapat membantu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow, serta dapat meratakan pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah Bolmong,” harapnya.
Tak lupa Bupati juga mengajak, seluruh Tenaga Ahli P3MD untuk turut serta mengawal jalannya dana desa, agar tidak disalahgunakan.
“Tolong dana desa dikawal untuk dimanfaatkan dalam rangka memajukan desa dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat,” ujar Bupati.
Sementara itu, Korkab Abdul Rifai Mokodompit menyampaikan, ucapan terima kasih, karena kedatangan mereka diterima langsung oleh Bupati, dalam rangka audiensi. Menurutnya, membangun daerah dari desa memang sangat diperkukan sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi, guna pencapaian tata kelola realisasi dana desa yang tepat dan bermanfaat demu kesejahteraan masyarakat. “Arahan pak Bupati akan dijadikan sebagai salah satu pijakan untuk disampaikan ke pendamping desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD) di 200 desa 15 kecamatan,” tutup Om Ipe sapaan akrab Rivai. (Hen)

Related post