KPU Bolsel Gelar Supervisi dan Monitoring Pelaksanaan Coklit

 KPU Bolsel Gelar Supervisi dan Monitoring Pelaksanaan Coklit

Monitoring KPU Bolsel saat pelaksaan Coklit oleh Pantarlih di Kecamatan Posigadan, tepatnya dilokasi dimana Bupati H Iskandar Kamaru SPt MSi berdomisili.

Bupati Iskandar Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu 2024

BOLAANG UKI, Update24 – Komisioner KPU Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melakukan monitoring dan supervisi terhadap pelaksanaan kegiatan pencocokan dan penelitian(Coklit), yang dilakukan petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih) di Kecamatan Posigadan, Rabu (15/2/2023). Jalannya monitoring dihadiri langsung oleh Ketua KPU, Eskolano Kakunsi dan Anggota Komisioner, Hirzan Mohammad beserta jajaran petugas KPU Bolsel lainnnya.

Menurut Eskolano, petugas Pantarlih memiliki peranan penting dalam tahapan Coklit. Coklit yang dilakukan oleh Pantarlih katanya, untuk memverifikasi data pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebelum pelaksanaan pemilihan umum.

 

Petugas Pantarlih akan mengunjungi setiap rumah penduduk untuk memastikan keberadaan dan keabsahan data pemilih yang terdaftar, seperti alamat, identitas, dan lain-lain. “Coklit bertujuan untuk memastikan bahwa DPT yang akan digunakan dalam pemilihan umum akurat dan terpercaya. Sementara untuk petugas Pantarlih ini, mereka mempunyai tugas melakukan Coklit sesuai zona tugas mereka masing-masing,” kata Eskol, sapaan akrabnya.

Eskol juga mengingatkan, kegiatan Coklit sangat penting untuk memastikan Pemilu 2024 berlangsung secara adil dan terpercaya. “Kegiatan coklit dapat meminimalkan risiko terjadinya kecurangan dalam data pemilihan, sedangkan kegiatan para pantarlih wajib memastikan proses verifikasi data pemilih benar-benar akurat dan mutakhir,” ujarnya.

Sekedar informasi, Bupati Bolsel H Iskandar Kamaru SPt Msi yang diketahui berdomisili di Desa Momalia, juga mengikuti Coklit bersama istrinya Selpian Kamaru Manoppo. Pada kesempatan itu, Bupati Iskandar mengajak masyarakat Bolsel, untuk turut serta mensukseskan semua tahapaan penyelengaraan Pemilu 2024. “Pesta demokrasi mendatang harus bisa berjalan dengan lancar, damai, aman dan tidak terjadi perpecahan. Saya imbau masyarakat untuk ikut serta mensukseskan pemilu dengan mengikuti rangkaian tahapan yang sudah disiapkan KPU,” pungkas Bupati. (*/Hen)

Related post