Wabup Buka Bimtek Pengelolaan BOSP dan Pemutakhiran Dapodik

 Wabup Buka Bimtek Pengelolaan BOSP dan Pemutakhiran Dapodik

Wabup didampingi Asisten III dan Kadis Pendidikan ketika membuka kegiatan Bimtek.

BOLSEL, Update24 – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid, membuka Bimtek penatausahaan dan pengelolaan dana BOSP, yang dilaksanakan di Hotel The Sentra Manado, Jumat (14/7/2023). Kegiatan Bimtek yang difasilitasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolsel ini, juga dirangkaikan dengan pendampingan pemutakhiran Dapodik jenjang SD dan SMP Tahun 2023.

Wabup memakaikan kartu peserta Bimtek.
Wabup memakaikan kartu peserta Bimtek.

Pada kesempatan itu, Wabup menyampaikan, kemendikbudristek telah menghadirkan transformasi kebijakan terkait perubahan BOSP. Dimana, hal itu sudah mengatur penyaluran dana langsung dari rekening kas negara ke rekening satuan pendidikan. “Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sendiri tahun 2023 ini, mendapat DAK non fisik khusus BOSP sebesar 12.454.620.000, yang terbagi atas BOSP PAUD sebesar 1.489.860.000, SD dan SMO sebesar 10.415.530.000, sedangkan SKB dan PKBM sebesar 549.230.000,” kata Wanup.

Angka yang ada saat ini kata Wabup, tidak sedikit, sehingga itu diharapkan, dengan dana BOSP ini dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan di Bolsel.

“Kalian adalah garda terdepat untuk meningkatkan pendidikan di Bolsel. Sehingga, marilah kerja iklas dan profesional dalam membagikan Ilmu kepada peserta didik,” tambah Wabup.

Suasana pelaksanaan Bimtek pengelolaan BOSP dan pemutakhiran Dapodik.
Suasana pelaksanaan Bimtek pengelolaan BOSP dan pemutakhiran Dapodik.

Lanjut pasangan Bupati H Iskandar Kamaru SPt MSi itu, seleksi program guru penggerak, wajib diikuti oleh setiap guru yang memenuhi syarat. Supaya lebih banyak lagi guru penggerak  yang ada di Bolsel.

“Kepada bapak dan ibu kepala sekolah, agar bersikap proaktif atas temuan inspektorat maupun BPK. Terutama terhadap temuan penggunaan dana BOSP tahun 2022 kemarin. Silahkan lakukan koordinasi dengan pihak terkait dan  jadikan pelajaran temuan tahun kemarin. Saya berharap untuk tahun ini pengelolaan dana BOSP berjalan dengan lancar dan bisa dipertanggungjawabkan secara akuntabel,” tutup Wabup.

Foto bersama Wabup, Asisten III, Kadis Pendidikan bersama para OPD dan peserta Bimtek.
Foto bersama Wabup, Asisten III, Kadis Pendidikan bersama para OPD dan peserta Bimtek.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 270 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Bendahara dan Operator.

Turut hadir pula, Asisten III Setda Bolsel Rikson Paputungan SPd MPd, Pimpinan OPD, Kepala Sekolah se-Bolsel dan para peserta Bimtek lainnya. (Hen)

Related post