Tips Sehat Rosulullah Paling Mustajab Asalkan Tetap Istiqomah

Bolaang Uki, Update24 – Sebagai seorang muslim Rosulullah Muhammad SAW telah memberikan petunjuk kepada kita bagaimana menjalani kehidupan, baik antara kita dengan Allah SWT, kita dan orang lain dan kita dan diri kita sendiri.

Dilansir dari Independensia tim telah merangkum beberapa tips sehat ala Rosulullah dengan menjalankan lima amalan sunnah sebagai berikut.

– Memakan Makan Halal
Rosulullah selalu mewanti-wanti umatnya untuk selalu mengomsumsi makanan yang halal. Selain halal, beliau juga mengajurkan untuk mengomsumsi makanan yang sejatinya baik untuk tubuh sendiri.

Dalam Surah Al Baqarah, Allah SWT berfirman. “hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS. Al Baqarah : 168).

– Makan Secukupnya dan Sisahkan untuk Udara

Seperti dalam hadits berikut,”anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Maksud dari hadits tersebut bahwa kita janganlah mengisi penuh perut kita dengan makanan saja, tetapi juga harus menyisakan untuk air dan udara agar seimbang.

Tidak meniup makanan atau minuman panas
Rasulullah melarang meniup makanan atau minuman panas itu dapat dijelaskan secara teori ilmiah.

yaitu, jika melakukannya maka bisa berdampak merusak kinerja ginjal juga dapat meningkatkan resiko serangan jantung.

– Tidak makan dan minum sambil berdiri
“Dari Anas bin Malik ra, dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau melarang seseorang untuk minum dengan berdiri. Qatadah bertanya kepada Anas, bagaimana kalau makan?, Anas menjawab, kalau makan dengan berdiri itu lebih jelek dan lebih buruk”, (HR. Muslim)

Jika Makan dan minum sambil berdiri dilakukan secara terus menerus itu tentunya tidak baik juga untuk kesehatan tubuh.

– Istiqomah melakukan puasa sunnah
Puasa yang diajarkan Rasulullah itu bukan hanya pada bulan Ramadhan, ada beberapa puasa sunnah juga yang dianjurkan. Salah satunya puasa Senin Kamis.

Dengan berpuasa sunnah itu juga dapat membuat tubuh kita sehat karena dapat mengurangi lemak.

Allah SWT juga menginginkan hambanya tetap menjaga kesehatan tubuh atau fisik dan juga kesehatan rohani agar kita jauh dari hal yang sia sia. (***)

Related post