Bupati Iskandar Hadiri Rakornas Dukcapil 2023 di Manado

 Bupati Iskandar Hadiri Rakornas Dukcapil 2023 di Manado

Bupati Bolsel H Iskandar Kamaru SPt (keempat dari kanan), ketika menghadiri Rakornas Dukcapil.

Manado, Update24 – Bertemakan Digitalisasi Adminduk untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI), menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2023.

Rakornas yang berlangsung di Novotel Hotel Manado (Rabu (8/2/2023) itu, turut dihadiri Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H Iskandar Kamaru SPt dan jajaran kepala daerah di Sulawesi Utara (Sulut) lainnya. Turut hadir pula seluruh Kepala Dinas Capil se Indonesia, perwakilan world bank dan OPD terkait.

Bupati H Iskandar Kamaru pada kesempatan itu mengatakan, dalam acara itu Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw menegaskan, Sulut khususnya Kota Manado, kendati baru saja dilanda bencana, namun hingga saat ini masih aman dan terkendali.

“Banjir rob yang melanda Ibukota Manado dan sekitarnya, tidak menyurutkan kegiatan yang diselenggarakan secara nasional,” jelas Iskandar.

Di sisi lain, Bupati menegaskan, jika digitalisasi data yang menjadi materi dalam Rakornas tersebut, sangat penting untuk diikuti. “Tanpa digitalisasi kita akan kesulitan untuk mengakses informasi, terutama mengenai data,” ujarnya.

Pasangan Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid ini juga menjelaskan, mewakili Mendagri, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh bupati dan walikota serta Kepala Dinas Capil se-Indonesia, yang sudah hadir mengikuti kegiatan.

“Ia juga meminta jajaran Dukcapil untuk mempermudah pelayanan terutama yang sudah ada anjungan Dukcapil mandiri,” kata Iskandar.

Dirjen Dukcapil kata Bupati, juga berpesan, agar pelayanan secara online terus ditingkatkan, karena kedepannya Kartu Tanda Penduduk (KTP) sudah digitalisasi, sehingga lebih memudahkan masyarakat ketika melakukan pengurusan. “Mari gunakan NIK sebagai dasar untuk persyaratan dan jangan ada Pungli dalam setiap pelayanan,” kata Iskandar lagi. (Hen)

Related post