Gelar Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2024, Pemkab Bolsel Prioritaskan Isu Strategis

 Gelar Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2024, Pemkab Bolsel Prioritaskan Isu Strategis

Unsur stakholder ketika menandatangani berita acara pelaksanaan Konsultasi publik.

Bolaang Uki, Update24 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di lapangan Futsal halaman perkantoran, Panango, Kecamatan Bolaang Uki, siang tadi.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati H Iskandar Kamaru SPt Msi, yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Pemkab Bolsel dan dihadiri para Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD serta para stakeholder.

Suasana kegiatan konsultasi publik tahun 2024.
Suasana kegiatan konsultasi publik tahun 2024.

Pada kesempatan itu, Plt Kepala Bappelitbangda Bolsel, Kadek Wijayanto mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memperoleh usulan, masukan dan saran tentang rancangan awal pembangunan di daerah tahun 2024 nanti. “Kami berharap lewat kegiatan ini dapat menjaring aspirasi dan saran terkait dokumen awal untuk perencanaan di Tahun 2024 nanti,” kata Kadek.

Asisten I Bidang Pemerintahan Moh Suja Alamri, ketika menyampaikan sambutan bupati menyampaikan, forum konsultasi publik ini telah sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, tentang tata cara evaluasi rencana pembangunan daerah, untuk jangka penjang daerah, jangka menengah dan rencana kerja pemerintah daerah.

Asisten I Pemkab Bolsel Suja Alamri ketika menyampaikan sambutan Bupati.
Asisten I Pemkab Bolsel Suja Alamri ketika menyampaikan sambutan Bupati.

“Kegiatan ini untuk menjaring aspirasi, ide saran dari para pemangku kebijakan di daerah untuk menentukan arah pembangunan daerah Tahun 2024 nanti,” ujar Alamri.

Dia mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk merumuskan rencana prioritas pembangunan daerah tahun 2024. Hasilnya kata dia, nanti juga merupakan tahapan penting sebelum digelarnya Musrenbang dari tingkat bawah hingga kabupaten.

Konsultasi publik Ranwal RKPD tahun 2024.
Konsultasi publik Ranwal RKPD tahun 2024.

“Isu yang penting untuk diperhatikan dalam agenda ini seperti tahapan Pemilu serentak 2024,” sebut Alamri.

Adapun tema pembanguan tahun 2024 sesuai RPJMD Kabupaten Bolsel 2021-2026, yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan priorotas pembangunan jangka panjang.

“Targetnya memangkas angka kemiskinan di daerah yang harus tuntas tahun 2024. Selain itu, mitigasi bencana, peningkatan daya saing UMKM, stabilitas kamtibmas dan stabilitas politik daerah itu juga jadi isu yang di bahas dalam Ranwal RKPD ini,” jelasnya. (hen/adve)

Related post