Mantapkan Persiapan Pilkada Serentak, KPU Gelar Sosialisasi di Kecamatan Pintim

 Mantapkan Persiapan Pilkada Serentak, KPU Gelar Sosialisasi di Kecamatan Pintim

Nampak salah satu Kadiv KPU Bolsel menyampaikan materi sosialisasi.

BOLSEL, Update24 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), terus mempermantap persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024.

Selasa (9/7/2024), KPU menggelar sosialisasi tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak, yang dipusatkan di Balai Desa Dumagin A Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim).

Sosialisasi tersebut, dihadiri Ketua KPU Stanly Eskolano Kakunsi, Kadiv Teknis Penyelenggara Fijey Bumulo, Kadiv Hukum dan Pengawasan Liswan Lumali serta Ketua Bawaslu Bolsel  Hirsan Mohama. Hadir pula pada kegiatan itu, PPK, PPS, Pemerintah Desa (Pemdes) dan Masyarakat Kecamatan Pintim.

Ketua KPU Standly E Kakunsi saat membuka kegiatan mengatakan, lewat sosialisasi ini, masyarakat bisa mengetahui pelaksanaan Pilkada serentak nanti. “Apa yang dilaksanakan hari ini, dapat disampaikan lagi ke keluarga, teman, kerabat yang tidak sempat hadir. Karena sudah menjadi kewajiban KPU untuk mensosialisaikan ini kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bolsel,” ujar Eskol, sapaan akrabnya.

Eskol juga mengingatkan, agar masyarakat wajib pilih harus memastikan dirinya telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT). “Tentu diharapkan kepada warga masyarakat yang belum tercoklit, untuk segera menghubungi tim Pantarlih. Dan bagi yang belum ada KTP segera hibungi Dinas Capil,” tambah Eskol.

Lanjutnya, KPU Bolsel memiliki komitmen untuk melindungi hak setiap masyarakat, agar dapat memilih pada Pilkada serentak Rabu 27 November 2024 nanti.

“Agar semua terdata dengan baik, KPU juga akan bekerjasama dengan Dinas Capil untuk melakukan perekaman E-KTP langsung di masing-masing kecamatan, terutama yang jauh dari pusat kabupaten,” tambahnya.

Senada dikatakan Kadiv Teknis Penyelenggara Fijey Bumulo. Dia menuturkan, kegiatan sosialisasi ini sesuai Peraturan KPU Nomor 9  Tahun 2022, tentang partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota.

Hal ini juga diperkuat dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024, tentang tahapan dan jadwal Pemilukada Tahun 2024.

“Nah, kita sudah melewati beberapa tahapan, diantaranya, penganggaran, Pembentukan PPK dan PPS, Peluncuran Pilkada Serentak 2024, pelantikan Pantarlih serta saat ini masuk dalam Pencoklitan,” kata Fijey.

“Untuk coklit, kita selaku penyelenggara melaksanakannya, agar data pemilih benar-benar valid. Sehingga itu, kami mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan Pilkada serentak 2024,” tambahnya.

Sementara itu, Kadiv Hukum dan Pengawasan Liswan Lumali juga menyampaikan, sejumlah pelanggaran yang berpotensi terjadi pada setiap Pemilu.

“Kami mengimbau agar ASN dan perangkat desa untuk tidak terlibat dalam politik Praktis,” kunci Liswan.

Diketahui, sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, terkait teknis dan pelanggaran Pemilu, yang selanjutnya disambut aplaus saat Ketua Bawaslu Bolsel dan Kadiv Teknis Penyelenggara, Fijey Bumulo, memberikan jawaban yang memuaskan bagi peserta sosialisasi. (Hen/*)

Related post